Preparing a better tomorrow, today!

Menyiasati Biaya Hidup di Jerman hingga Traveling Keliling Eropa? Jajal 4 Pekerjaan Ini

0 227

Kuliah di Jerman nyaris seperti di luar negeri lainnya, setiap mahasiswa punya tuntutan untuk bisa hidup mandiri. Bedanya, mahasiswa di Jerman punya kesempatan yang lebih leluasa untuk hidup mandiri dengan bekerja. Nyaris semua mahasiswa Indonesia di Jerman bekerja paruh waktu selama masa studi mereka. Menariknya, pendapatan selama bekerja gak hanya bisa memenuhi biaya hidup sehari-hari tapi juga untuk traveling keliling Eropa.

Bagi kamu yang berencana kuliah sambil bekerja, tantangan yang akan dihadapi saat bekerja di antaranya bahasa, budaya, kebiasaan, sistem bekerja sampai aturan ketenagakerjaan di Jerman. Namun, kamu gak perlu khawatir karena tantangan itu yang justru memberi pengalaman baru dan menarik. Waktu bekerja di Jerman nyaris seperti di Indonesia, yakni delapan jam sehari selama lima hari. Lalu,Β  apa aja pilihan kerja part time yang tersedia di Jerman buat kamu? Berikut pilihannya.

Bekerja di Pabrik
Ini adalah salah satu jenis pekerjaan paling favorit di kalangan mahasiswa. Karena pekerjaan pabrik biasanya membutuhkan tenaga fisik dan tidak memerlukan kemampuan bahasa Jerman yang baik. Pekerjaan jenis ini juga termasuk yang gampang didapat. Salah satu contoh pekerjaan pabrik adalah memasukan barang-barang yang diproduksi ke dalam kardus. Pekerjaan pabrik biasanya mensyaratkan untuk bekerja setidaknya Β seminggu (5 hari) penuh dan jamnya disesuaikan dengan jam produksi. Contohnya jam kerja pagi dari jam 6 pagi sampai jam 2 siang.Β  Setelah itu jam kerja siang dari jam 2 siang sampai jam 10 malam. Di antaranya ada beberapa istirahat selama 15-30 menit. Pekerjaan jenis ini baiknya diambil selama masa liburan, supaya tidak mengganggu studi.

Pekerjaan Gastronomi
Pekerjaan di bidang gastronomi bervariasi dari mencuci piring, menyiapkan makanan, sampai menjadi pelayan. Sebagai pelayan tentunya disyaratkan memiliki kemampuan berbahasa Jerman yang cukup baik. Secara waktu pekerjaan ini lebih flexibel karena tidak tergantung dengan jam produksi. Jam untuk pekerjaan ini biasanya bisa diatur berapa hari seminggu dan berapa jam sehari. Kamu yang suka bertemu dengan orang baru rasanyaΒ  akan tertantang dengan jenis pekerjaan ini.

Related Posts
1 of 2

Pekerjaan di FH atau Universitas
Ini salah satu jenis pekerjaan yang paling cocok untuk mahasiswa. Keuntungan bekerja di kampus bisa menjalin hubungan yang baik dengan dosen dan mahasiswa lainnya. Selain itu, kita bisa menyesuaikan dengan jam kuliah dan tidak perlu pergi jauh ke tempat kerja. Jam kerjanya juga biasa cukup fleksibel. Pekerjaan ini biasanya mensyaratkan kita untuk mengetahui tema-tema tertentu dalam studi kita dan juga cukup fasih berbahasa Jerman. Contoh pekerjaan ini adalah menjadi asisten dosen untuk tugas-tugas praktikum.

Bekerja di Perusahaan
Pekerjaan jenis ini menarik untuk masa depan, sebab memungkinkan kita untuk melaksanakan kerja praktek atau tugas akhir di perusahaan yang sama. Pekerjaan ini mensyaratkan kemampuan dalam bidang tertentu dan cukup fasih berbahasa Jerman. Jam kerja mahasiswa di perusahaan biasanya juga cukup fleksibel, artinya kita bisa membuat perjanjian dengan bos kita hari-hari apa saja dan berapa jam kita bekerja. Pada masa liburan ada kemungkinan jam kerja menjadi lebih banyak. Contoh pekerjaan di perusahaan salah satunya menjadi programmer.

Ada banyak jenis-jenis pekerjaan selain ke-empat bidang lainnya. Mulai dari yang kantoran hingga yang sifatnya event tertentu. Semua jenis pekerjaan tentu punya tantangan masing-masing. Namun yang jelas, peluang yang sayang dilewatkan ini selain membuat kamu bertumbuh juga memungkinkan kamu menikmati hidup di Jerman bahkan Eropa. Yakin gak tertarik?

You might also like
Comments
Loading...