Preparing a better tomorrow, today!

Baca Ini Dulu Sebelum Kuliah di Jerman

0 309

Pergi kuliah ke negara lain tentu berbeda dengan sekedar bepergian ke luar kota. Banyak hal yang perlu kita persiapkan agar semuanya berjalan dengan lancar.

Ketahui Informasi Tentang Jerman

Tak kenal maka tak sayang. Pribahasa ini juga relevan buat kita yang berencana kuliah di luar negeri. Sebelum pergi ke luar negeri, kita perlu sadar akan melewati masa adaptasi yang gak mudah. Mengenal negara tujuan kita dan mengeksplorasi berbagai hal penting dan menarik dari negara itu bisa membuat kita lebih siap.

Pelajari dengan baik sisi akademis, kebudayaan, makanan, dan sebagainya yang ada di berbagai tempat di negara tersebut. Referensi bisa diketahui dengan mengulik buku, internet, film, youtube, mendatangi kedutaan negara tersebut di Jakarta, bertanya pada mahasiswa hingga alumninya di Indonesia. Pemahaman menyeluruh tentang negara tersebut membuat kita siap untuk belajar dengan lebih baik kelak.

Ketahui Gambaran Studimu

Tujuan utama kita adalah belajar, sehingga kita perlu tahu gambaran studi yang akan kita dapatkan di Jerman kelak. Selepas menetapkan pilihan jurusan atau kampus di Jerman tak serta merta membuatmu bisa langsung kuliah. Sesampainya di Jerman, calon mahasiswa harus terlebih dahulu mempersiapkan diri di lembaga studienkolleg (pre-university course).

Masa persiapan calon mahasiswa Jerman di studienkolleg umumnya memakan waktu satu tahun. Bisa lebih cepat satu semester jika nilaimu berada jauh di atas rata-rata. Selama masa ini, kamu akan mendalami bahasa Jerman dan mata pelajaran lain yang diajarkan dalam bahasa Jerman. Pelajar dengan jurusan IPA di SMA boleh memilih semua jenis kelas di studienkolleg, sementara pelajar jurusan IPS hanya boleh memilih kelas yang berhubungan dengan jurusan sebelumnya.

Siapkan Kemampuan Berbahasa Jerman

Bahasa Jerman menjadi salah satu bahasa yang penting dalam komunikasi internasional. Sedikitnya 100 juta orang di dunia menggunakan bahasa Jerman. Memilih berkuliah di Jerman tentu saja memiliki konsekuensi untuk menguasai bahasa resmi negara tersebut. Selain kelas internasional, materi kuliah disampaikan dalam bahasa Jerman dengan referensi buku berbahasa Jerman.

Sedikitnya kemampuan dalam berbahasa Jerman terbagi menjadi tiga kemampuan, yakni dasar (A), menengah (B) serta tingkat atas (C). Kemampuan bahasa Jerman ini bisa kamu siapkan sejak berada di Indonesia melalui lembaga persiapan kuliah di Jerman. Kemampuan bahasa Jerman sejak sebelum berangkat kuliah akan memudahkan menempuh studi berikutnya.

Kerja Sampingan dan Beasiswa

Jerman dikenal sebagai negara yang memberi kesempatan kerja cukup leluasa bagi mahasiswanya. Meski demikian, pemegang paspor belajar dikenai batas maksimal waktu bekerja, yakni 120 hari per tahun. Masa kerja paruh waktu di Jerman berkisar selama delapan jam sehari. Menariknya, biaya hidup di Jerman terhitung lebih murah jika dibandingkan dengan AS dan Inggris. Beberapa mahasiswa yang bekerja mengatakan mereka bahkan dapat menggunakan sebagian hasil gajinya untuk traveling di Eropa.

Jerman memberikan banyak tawaran beasiswa bagi mahasiswa asing di banyak bidang. Syaratnya, mahasiswa harus memiliki prestasi akademik yang baik serta ulet dalam mengumpulkan informasi. Lembaga resmi asal Jerman seperti DAAD juga beberapa Yayasan juga memberi kesempatan beasiswa di berbagai bidang.

You might also like
Comments
Loading...