Preparing a better tomorrow, today!

Asuransi Kesehatan Bagi Mahasiswa Jerman

0 131

Asuransi Kesehatan Bagi Mahasiswa Jerman, Sepenting apa?

Sebagai mahasiswa Indonesia yang awalnya tinggal di negara dua musim lalu pindah ke Jerman yang beriklim sedang tentu bukan hal yang mudah. Penyesuaian tubuh pada iklim dan lingkungan baru terkadang berbuntut melemahnya daya tahan tubuh seseorang yang berujung mudah terserang penyakit. Beruntung negeri Bavaria memiliki perhatian akan kesehatan warganya yang tinggi, termasuk bagi calon mahasiswa pendatang. Setiap calon mahasiswa Jerman diwajibkan memiliki asuransi kesehatan yang akan membantu meringankan biaya berobat mereka.

Seperti apa manfaat asuransi yang didapat oleh mahasiswa asal Indonesia di Jerman? Yuk simak hasil obrolan bersama Fauzan Dzulfikar, salah satu almuni GCC yang kini menjadi mahasiswa Studienkolleg Private Zwickau di Mittelsachsen.

 

Hai Fauzan bisa kamu ceritakan mengenai pengalamanmu menggunakan asuransi kesehatan mahasiswa? Apa sih kegunaannya buat kamu?

Bagi saya pribadi, keberadaan asuransi kesehatan mahasiswa tentunya sangat penting sekali. Ini karena kita tidak pernah tahu kapan musibah atau penyakit itu datang. Dan untuk diketahui, asuransi kesehatan mahasiswa merupakan salah satu kebijakan dari Pemerintah Jerman.

 

Sangat menarik bagaimana pemerintah Jerman mengantisipasi isu kesehatan warganya. Boleh kamu jelaskan, apa saja pilihan asuransi yang disediakan oleh pemerintah bagi mahasiswa Jerman?

Biasanya, siswa asal Indonesia yang baru tiba di Jerman menggunakan asuransi Mawista. Kebetulan saya juga menggunakan layanan asuransi yang sama. Tapi, ketika sudah masuk universitas, rata-rata mereka menggunakan Technische Krankenkasse. Ada juga pilihan asuransi lainnya seperti Care Concept, Allianz, dan masih banyak lagi lainnya.

 

Kami mendengar bahwa pilihan asuransi kesehatan terbagi menjadi dua, swasta dan negri. Seperti apa perbedaan keduanya?

Pilihan asuransi swasta itu digunakan ketika seorang siswa baru saja tiba di Jerman atau saat membuat visa sprachkurs atau studienkolleg. Namun, asuransi negri digunakan ketika sudah masuk ke universitas atau hochschule. Para siswa diwajibkan menggunakan asuransi negri pada fase tersebut.

 

Bisakah kamu ceritakan kisaran biaya yang harus dikeluarkan oleh siswa berkaitan dengan layanan asuransi kesehatan ini?

Dengan senang hati. Untuk variasi harga bermacam-macam, biasanya untuk asuransi swasta  bagi siswa yang baru datang, biaya berkisar antara 30€ -40€/bulan. Hal ini tergantung apa saja yang akan diasuransikan. Sementara untuk negri sendiri bervariasi diangka 70€-100€/bulan. Ini yang saya ketahui.

 

Mengenai waktu pembayaran. Kapan biasanya pembayaran asuransi dilakukan oleh mahasiswa?

Pembayaran asuransi dilakukan melalui auto debit dari rekening mahasiswa itu sendiri. Biasanya setiap awal bulan, saldo dalam rekening akan otomatis terpotong.

 

Rasanya informasi ini penting bagi calon mahasiswa Jerman. Sepengetahuanmu, berlaku di mana sajakah asuransi kesehatan mahasiswa? Rumah sakit, klinik atau lainnya di seluruh Jerman atau kota dimana kamu tinggal  saja?

Bagi saya, inilah menariknya layanan asuransi yang berlaku. Pemilik kartu asuransi dapat menggunakannya di seluruh dunia, selama rumah sakit atau klinik itu kerjasama dengan asuransi tersebut. Jadi, bila sedang pulang atau berlibur di kota lain dan tiba-tiba kita sakit, klaim asuransi dapat kita gunakan di rumah sakit yang bekerjasama.

 

Lalu, bantuan pengobatan apa saja yang di-cover oleh asuransi kesehatan?

Semua pengobatan segala penyakit kecuali seperti yang berhubungan dengan kecantikan atau seperti operasi plastik dan pemasangan behel juga tidak ter-cover asuransi.

 

Bagaimana asuransi membantu mahasiswa Jerman asal Indonesia yang jatuh sakit?

Caranya mudah saja, mahasiswa tersebut hanya cukup membawa kartu asuransi dan memperlihatkannya kepada pihak rumah sakit atau langsung ke dokter yang memeriksa.

 

Omong-omong, sakit apa sih yang umumnya diderita mahasiswa Indonesia di Jerman?

Berdasarkan yang teman saya alami dan saya dengar cerita di antaranya vertigo, asma, influenza atau sinus yang kambuh, seperti saya pribadi. Hal ini lebih disebabkan oleh cuaca.

 

Wah, penyakit yang berkaitan dengan penyesuaian tubuh terhadap cuaca ya umumnya. Terakhir nih Fauzan, apakah kalau ke dokter, meski memiliki asuransi tetap dikenakan biaya tambahan? Berapa tarif jasa dokter di Jerman?

Biasanya untuk rawat jalan tidak terkana biaya apapun. Kecuali, misalnya rawat inap yang bisa dikenakan biaya hingga lebih dari 100€ per malam.

 

Terima kasih banyak Fauzan atas waktu di tengah kesibukan kamu berkuliah. Selamat belajar dan tetap jaga kesehatan.

Sama-sama. Senang sekali bisa berbagi pengatahuan dan pengalaman selama saya di sini.

Comments
Loading...