Preparing a better tomorrow, today!

7 Pertanyaan Penting Yang Sering Dilewatkan Sebelum Kuliah di Jerman

0 721

Negara-negara Uni Eropa masih menjadi tujuan kuliah favorit pelajar Indonesia. Pada 2015 tercatat sejumlah 9.000 mahasiswa internasional di Eropa berasal dari Indonesia. Di tahun yang sama, Direktur Deutscher Akademischer Austauschdienst German Academic Exchange Service (DAAD) Regional Jakarta, Dr Irene Jansen mengemukakan bahwa sejumlah 13% mahasiswa di Jerman berasal dari Indonesia.

Sebagian mahasiswa Indonesia di Jerman menaruh minat pada program studi teknik, arsitektur, komputer, bisnis dan ekonomi juga medis. Lalu, hal apa saja hal penting untuk diketahui sebelum kita mewujudkan mimpi kuliah di Jerman? Berikut German Camp Centre rangkumkan pertanyaan-pertanyaan penting seputar berkuliah di Jerman.

Apa sih keunggulan Jerman sebagai negara tujuan kuliah?

Selain tentang biaya pendidikan yang relatif murah (dimana mayoritas mahasiswa universitas negeri di Jerman hanya dikenai semester tiket dan tanpa uang pangkal), Jerman memiliki sistem pendidikan tinggi yang mapan. Prinsip pendidikan di Jerman adalah kesatuan antara pengajaran dan penelitian. Gak Cuma itu, sebagai mahasiswa Jerman, kamu juga akan ditekankan untuk terlibat pada kerja magang. Selepas kuliah, kamu akan menjadi pribadi yang siap untuk mengatasi persoalan selama berkarir.

Apakah saya bisa berkuliah di Jerman dengan hanya menguasai Bahasa Jerman saja?

Memang ada perguruan tinggi di Jerman yang menawarkan perkuliahan dengan bahasa Inggris. Tetapi kebanyakan universitas yang menawarkan perkuliahan dengan menggunakan bahasa Inggris ini dimulai dari semester tiga. Selama semester awal, Bahasa Jerman merupakan bahasa pengantar perkuliahan. Kebanyakan universitas yang menawarkan mata kuliah bisnis atau ekonomi berkomunikasi dengan Bahasa Inggris di semester lanjut. Sangat sedikit sekali jurusan teknik yang menggunakan Bahasa Inggris. Apalagi bagi kamu yang berniat mengambil jurusan kedokteran, menguasai Bahasa Jerman adalah wajib.

Apa saja yang termasuk biaya kuliah dan termasuk dalam biaya administrasi di Jerman?

Biaya kuliah di Jerman tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara Eropa lainnya bahkan kalau kita bandingkan dengan biaya di Singapura, Malaysia dan Indonesia. Kabar terbaru datang dari negara bagian Baden Württemberg bagian selatan Jerman yang mewajibkan mahasiswa asing yang akan belajar di sana untuk membayar biaya kuliah ditambah semester tiket sebesar 1500 €/ semester, ini berlaku untuk Wintersemester 2017/ 2018. Tapi jangan khawatir, negara bagian Sachsen dan Bayern yang biasanya mengenakan biaya kuliah sebesar 500€/ semester, kini membebaskan semua mahasiswa baik asing maupun dalam negeri untuk tidak membayar biaya kuliah sama sekali, kecuali semester tiket. Kemudian masih ada 13 Negara bagian lagi di Jerman yang membebaskan biaya kuliah untuk mahasiswanya.

Apakah saya butuh banyak uang untuk mencukupi kebutuhan saya di Jerman?

Adanya fakta bahwa banyak negara bagian di Jerman membebaskan biaya kuliah menjadi tanda bahwa kita gak perlu menyiapkan banyak uang untuk biaya hidup. Biaya hidup di Jerman memang bervariasi, tergantung negara bagian kamu tinggal. Namun secara rata-rata biaya hidupnya tak jauh berbeda dari kota besar di Indonesia. Selain adanya dukungan finansial dari orangtua, kesempatan kerja paruh waktu selama 20 jam seminggu dapat dimaksimalkan untuk memenuhi biaya hidup. Sebagian alumni German Camp Centre mengatakan pendapatan kerja paruh waktu mereka cukup untuk menopang biaya hidup. Sebagai catatan, aturlah waktu sebaik mungkin bila kamu memutuskan untuk kuliah sambil bekerja.

Apakah mahasiswa Indonesia diperbolehkan untuk kerja paruh waktu pada masa kuliah?

Mahasiswa asing penuh waktu (bukan penduduk EU atau negara anggota EEA) di Jerman diperbolehkan untuk bekerja paruh waktu maksimal 180 hari pertahun tanpa perlu perijinan dari ketenaga kerjaan Jerman, dan tidak perlu juga untuk membayar pajak. Kesempatan ini tentu membuat biaya hidup dan kuliahmu di Jerman dapat terbantu.

Jumlah akumulasi hari kerja yang diperbolehkan juga termasuk untuk jenis pekerjaan sukarelawan. Tidak tergantung apakah pekerjaan tersebut dibayar atau tidak. Peraturan yang membatasi selain hari kerja adalah, mahasiswa tidak boleh menjadi freelance atau menjalankan usaha sendiri.

Apakah saya harus membuat rekening Bank baru di Jerman?

Untuk kelancaran pembayaran semua keperluan, termasuk juga gaji yang masuk setiap bulan sangat dianjurkan bagi mahasiswa asing yang ingin kuliah di Jerman. Keperluan yang harus dibayar seperti tempat tinggal, pulsa untuk telepon, asuransi dan lain lain, biasanya dibayar langsung melalui penarikan dari rekening bank di Jerman alias gak bisa bayar cash.

Apakah persiapan selama di Indonesia menjadi hal yang penting sebelum kuliah di Jerman?

Persiapan selama di Indonesia sebelum berkuliah di Jerman adalah pilihan untuk membuat segalanya lebih efektif dan efisien. Sebagai contoh, persiapan yang dibekali oleh German Camp Centre kepada calon mahasiswa Jerman meliputi kepengurusan administrasi seperti visa, dokumen dari sekolah asal hingga belajar Bahasa Jerman dan Matematika secara intensif adalah hal dasar yang harus dipenuhi. Selain itu, pembekalan lainnya berupa kemampuan soft skillI, seperti kemandirian, kemampuan bergaul dengan kawan lintas daerah, dan bimbingan konseling bertujuan untuk membuat calon mahasiswa dapat beradaptasi dengan baik saat di Jerman nanti.

 

 

 

You might also like
Comments
Loading...